Yuk, Nabung Beli Hewan Kurban dengan Reksa Dana di Bibit!

Beberapa pekan lagi, umat islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Ini adalah hari menyembelih hewan kurban yaitu kambing, sapi, kerbau, domba dan unta. Adapun harga hewan kurban yang lazim dijual di Indonesia seperti kambing dan sapi memang tidak murah. Misalnya, biasanya untuk kambing ada yang dijual mulai Rp 1,5 juta sampai Rp 5 juta sementara sapi mulai dari Rp 15 juta yang bisa dibeli dengan cara patungan dengan 7 orang.

Meski nggak murah, bukan berarti menghalangi niat kamu untuk bisa membeli hewan kurban sendiri. Kamu bisa menyiapkan jauh-jauh hari, sehingga saat Hari Raya Idul Adha tiba kamu sudah punya cukup uang untuk membeli kambing atau patungan membeli sapi.

Berikut adalah cara menabung yang fun supaya tahun depan kamu sudah siap membeli hewan kurbanmu sendiri.

1. Tentukan Tujuan dan Atur Waktu

Cari tahu berapa kisaran harga hewan kurban di pasaran. Misalnya jika kamu ingin berkurban kambing, setidaknya siapkan sekitar Rp 2 juta. Atau jika kamu ingin berkurban sapi, kamu bisa menyiapkan Rp 2,1 juta per orang karena sapi bisa dibeli dengan cara patungan sampai 7 orang.

Dengan menentukan tujuan, kamu jadi tahu berapa yang harus kamu siapkan. Selanjutnya, tentukan target kapan uang tersebut bisa terkumpul. Misalnya kamu sanggup mengumpulkan uang tersebut selama 10 bulan. Jadi misi kamu sekarang adalah mengumpulkan uang untuk beli hewan kurban sebanyak Rp 1,5 juta sampai Rp 3 juta dengan waktu 10 bulan.

2. Pilih Cara Menabung yang Fun

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan saat mengumpulkan uang untuk membeli hewan kurban. Kamu bisa menabung secara harian, mingguan atau bulanan. Pilih cara yang tidak memberatkan dan kamu dengan senang hati melakukannya.

Menabung harian bisa kamu lakukan, misalnya Rp 10 ribuan per hari. Jangan remehkan cara ini, meski cuma Rp 10 ribu tapi kamu bisa mengumpulkan hingga Rp 3 juta selama 10 bulan. Tapi, kalau merasa menabung secara harian menyulitkan buatmu, lakukan menabung rutin secara mingguan. Misalnya seperti di bawah ini:


Pada tabel di atas, ada 40 kotak alias jumlah minggu selama 10 bulan. Jika kamu berhasil menabung Rp 50 ribu setiap minggu, maka coret salah satu kotak dengan angka “50”. Begitu seterusnya sampai semua kotak selesai kamu coret.

Jika misi ini selesai, maka dalam 10 bulan ke depan kamu berhasil mengumpulkan Rp 2 juta. Angka di atas tidak mutlak ya, kamu bisa ganti dengan angka versimu sendiri yang tentunya sesuai kemampuanmu.

Cara berikutnya adalah menabung setiap bulan. Tentukan saja berapa yang sanggup kamu sisihkan setiap bulannya selama 10 bulan ke depan. Misalnya Rp 200 ribu setiap bulan maka kamu bisa mengumpulkan Rp 2 juta selama 10 bulan ke depan.

3. Simpan di Reksa Dana

Reksa dana bisa menjadi tempat yang aman untuk menyimpan uang yang kamu kumpulkan tersebut. Karena disimpan kurang dari satu tahun, kamu bisa memilih Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) karena minim resiko dibanding dengan dua reksa dana lainnya yaitu Reksa Dana Saham (RDS) dan Reksa Dana Obligasi (RDO). 

Apalagi, Bibit punya fitur baru yaitu Instant Redemption, di mana kamu bisa mencairkan kapanpun reksa dana yang kamu punya. Sehingga, saat Hari Raya Idul Adha akan tiba, kamu bisa langsung mencairkan reksa dana tersebut dan uangnya bisa segera kamu gunakan untuk membeli kambing atau sapi pilihanmu.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur Goal Setting di aplikasi Bibit. Fitur ini berguna dalam membantu kamu mencapai tujuan keuangan. Karena sudah tau berapa uang yang harus kamu kumpulkan berikut targetnya, maka akan semakin mudah memanfaatkan fitur ini. Simak penjelasan lengkap Goal Setting di sini!

Dari penjelasan di atas, sudah siap membeli hewan kurbanmu sendiri tahun depan? Kalau sudah siap, yuk buat portofolio baru di aplikasi Bibitmu dan mulai menabung sekarang juga! Semoga niat baik kamu mengumpulkan uang untuk membeli kambing atau sapi segera terlaksana, ya!

Writer: Yuni Astutik