Tips Cerdas Merencanakan Keuangan

electronics-furniture-hands-953216.jpg

Banyak orang yang mengutamakan keinginan dari pada kebutuhan sehingga tidak sadar sudah melakukan keborosan dalam keuangannya.

Pada akhirnya tujuan keuanganmu pun tidak terealisasikan. Seharusnya kamu mengutamakan tabungan dan investasi untuk merealisasikan tujuan keuanganmu.

Yang perlu kamu lakukan adalah perencanaan keuangan, agar bisa menghemat pengeluaranmu. Hidup hemat, dengan menyesuaikan kemampuan dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, bukan berarti kamu tidak bersosialisasi dan sama sekali tidak menikmati hiburan. Yang penting adalah kemampuanmu dalam perencanaan keuangan.

Bagaimana cara perencanaan keuangan? agar dapat hidup hemat dan dapat berinvestasi rutin.

Buat Anggaran

Dalam perencanaan keuangan anggaran akan menjadi satpam untuk pengeluaranmu. dengan anggaran kamu bisa mengurai keborosanmu karena pengeluaran yang tidak penting.

Sebaiknya kamu membagi pengeluaranmu dengan mententukan pos pengeluaran berdasarkan prioritas dan memisahkan uangnya dalam rekening yang berbeda.

Tentukan Prioritas

Dalam perencanaan keuangan kamu harus, menentukan priortas dengan membagi 3 kategori kebutuhan, keinginan dan hasrat.

Kebutuhan

Kebutuhan adalah sesuatu hal yang tidak dapat ditunda, seperti sandang, pangan dan papan. atau akan berdampak buruk jika tidak dilakukan. Contohnya pengeluran rutin, cicilan utang, tabungan dana darurat dan zakat.

Keinginan

Keinginan adalah sesuatu hal yang bisa kita tunda atau boleh dipenuhi ketika kebutuhan sudah terpenuhi. Contohnya seperti Investasi, untuk membeli rumah, mobil, motor dan traveling atau bisa juga untuk donasi.

Hasrat

Hasrat adalah keinginan yang lebih besar dan biasanya membutuhkan uang lebih besar untuk memenuhinya. Contohnya membeli rumah mewah, mobil sport, motor sport dan menginap di hotel mewah.

Buat Tujuan Keuangan

Selain itu kamu juga harus memiliki tujuan keuanganmu agar kamu termotivasi dan konsisten dalam melakukan investasi. Kemudian jangan lupa menghitung berapa dana yang dibutuhan untuk mecapai tujuan keuangan.

Kamu juga bisa membagi tujuan keuanganmu dengan menentukan waktunya yaitu jangka panjang atau jangka pendek serta menentukan tempat untuk dana investasimu sesuai dengan resiko dan profil resikomu.

Nah, investasi yang cocok untuk membagi bagi tujuanmu adalah reksadana. Mau investasi reksadana tapi bingung dimana? Yuk Mulai investasi sekarang!

8.png