Bikin Liburan Makin Seru, Siapkan Dananya Lebih Dulu!

Pandemi kabarnya akan menjadi endemi dan Pemerintah Indonesia sedang bersiap untuk menuju ke arah sana. Ini menjadi kabar baik, karena artinya kamu bisa travelling ke tempat yang kamu suka, karena nggak ada lagi pembatasan wilayah.

Yay! Bener banget. Akhirnya masa pergi kemanapun dengan “bebas” seperti dulu sudah di depan mata. Nah, biar makin seru, kayanya nggak ada salahnya kalau mulai dari sekarang mulai menyiapkan budget khusus untuk travelling. Siapa tahu, ketika waktunya tiba, kamu sudah punya uang yang cukup untuk pergi ke destinasi wisata impianmu!

Artikel ini bakal ngasih kamu clue, gimana cara seru menabung bulanan untuk liburan tanpa mengganggu keuangan kamu. Bahkan, kamu juga bisa siapin budget liburan ini bersama teman-teman kamu. Yuk, simak poin-poin di bawah ini!

Tentukan Tujuan

Sudah punya tujuan mau liburan ke mana? Kamu harus sudah punya jawaban untuk pertanyaan ini. Soalnya, dengan punya tujuan, kamu jadi bisa menentukan berapa budget yang kamu butuhkan. 

Tapi ingat, tujuan ini harus realistis ya! Jangan karena Fear Of Missing Out (FOMO) ikut-ikutan teman atau cuma “lapar mata” kamu jadi mengorbankan banyak hal. Pastikan tujuan kamu bisa kamu capai dan nggak bikin kamu jadi habis-habisan sampai menguras seluruh tabunganmu. Misalnya, lihat influencer favorit kamu ke Eropa lalu kamu jadi mau ikutan, padahal budget mu nggak mungkin untuk itu.

Hitung Budget

Setelah menentukan tujuan, saatnya menghitung budget. Kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan untuk tahu berapa kisaran harga yang harus kamu bayar. Misalnya kamu ingin liburan ke Bali karena penasaran mau nonton atraksi tari kecak di Uluwatu. Coba buat perhitungan berapa biaya yang harus disiapkan.

Kalau ada rincian seperti di atas, tentunya akan lebih mudah buat kamu menyiapkan berapa budget yang diperlukan. Tapi ingat, ya! Budget setiap orang akan berbeda-beda, sehingga buat sendiri budget versi kamu!

Rutin Menabung Bulanan

Kamu berencana pergi ke Bali setahun lagi. Artinya, kamu punya 12 bulan mengumpulkan Rp 7,5 juta. Tentunya akan lebih ringan dengan menabung setiap bulan dibandingkan kamu langsung pergi liburan tanpa perencanaan yang matang. Kamu bisa coba nabung di aplikasi Bibit dan memanfaatkan fitur goal setting. Buat portofolio khusus versi kamu supaya lebih semangat! 

Contoh Fitur Goal Setting di Aplikasi Bibit

Sebelum menabung bulanan untuk liburan ke Bali, jangan lupa budgeting untuk tahu kondisi keuanganmu. Pastikan kamu sudah membayar semua tagihan bulanan dan menabung untuk hal yang lebih penting seperti dana darurat atau tujuan keuangan lainnya misalnya untuk DP Rumah pertama kamu.

Take Action!

Kalau sudah tahu berapa rupiah yang harus kamu tabung setiap bulannya, saatnya menentukan di mana kamu bisa menyimpan tabungan itu. Kamu bisa menempatkannya di reksa dana pasar uang melalui aplikasi Bibit. Kenapa reksa dana pasar uang?

Karena dengan jangka pendek hingga kurang dari 1 tahun, reksa dana pasar uang adalah salah satu instrumen investasi yang minim risiko dengan pergerakan yang cenderung stabil naik. Kalau sudah paham reksa dana yang cocok, kamu juga bisa memanfaatkan fitur nabung rutin di aplikasi Bibit supaya nggak skip dan tujuan liburan ke Bali cepat terealisasi. Kamu bisa mendapatkan penjelasan lengkap fitur nabung rutin di sini!

Nggak cuma itu, Bibit juga punya fitur lain supaya kamu nggak liburan sendirian dan bisa ajak teman-teman kamu. Dengan fitur Bibit Bareng, kamu bisa ngumpulin budget liburan bareng-bareng. Seru banget, kan? 

Sudah siap ya, liburan bareng ke Bali bersama bestie kamu? Buat portofolio untuk budget liburan ke Bali sekarang juga. Yuk, investasi sekarang!

Writer: Yuni Astutik

Editor: Merissa Maulia

Source: Blog.bibit.id