Cara Investasi Mudah untuk Pengusaha Muda

Investasi merupakan hal yang sebaiknya dilakukan, tak terkecuali untuk young entrepreneurs atau  pengusaha muda. Apalagi untuk pengusaha muda yang sedang merintis bisnisnya. 

Biasanya pada tahap awal bisnis, ada berbagai pengeluaran mulai dari produksi hingga pemasaran yang membutuhkan dana besar. Itulah sebabnya mengelola keuangan juga merupakan hal yang esensial untuk dilakukan para pengusaha  agar bisa terus menopang keberlanjutan usaha.

Sehingga ketika berinvestasi, pengusaha muda dapat memulai investasi dengan instrumen yang rendah risiko agar keuangan bisa tetap stabil namun tetap bisa tumbuh dengan potensi imbal hasil. Dan juga bisa tetap fokus dalam mengelola bisnisnya.

Lalu investasi apa yang bisa menjadi pilihan bagi pengusaha muda?

Investasi Reksa Dana untuk Pengusaha Muda 

Investasi reksa dana bisa menjadi salah satu pilihan bagi young entrepreneurs untuk diversifikasi investasi demi mengembangkan dana usaha. Reksa dana merupakan sebuah paket investasi yang dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi (MI) dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Karena sudah dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional, Anda sebagai pemilik usaha tidak perlu repot meluangkan banyak waktu untuk melakukan analisis pasar.

Keuntungan Investasi di Reksa Dana

Selain dikelola oleh manajer investasi profesional, beberapa keunggulan investasi di reksa dana adalah:

  • Reksa dana menjadi investasi bebas pajak (bukan objek pajak). Imbal hasil yang diterima nett tanpa ada potongan pajak.

  • Reksa dana bisa dicairkan kapan saja, tidak ada jatuh tempo, tenggat waktu, dan tidak ada biaya penalti.

  • Salah satu pilihan untuk diversifikasi investasi untuk kembangkan dana usaha.

Ada beberapa jenis reksa dana, seperti Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Obligasi/Pendapatan Tetap, dan Reksa Dana Saham. Lalu, jenis reksa dana mana yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi pilihan investasi bagi pengusaha muda?

Reksa Dana Pasar Uang Sebagai Pilihan Investasi

Dari berbagai jenis yang ada, Reksa Dana Pasar Uang bisa menjadi salah satu pilihan untuk dipertimbangkan. Ini karena Reksa Dana Pasar Uang merupakan jenis reksa dana yang paling rendah risiko. 

Sebab Reksa Dana Pasar Uang menempatkan asetnya 100% di instrumen pasar uang seperti deposito ataupun obligasi dengan jatuh tempo di bawah satu tahun. Inilah yang membuat pergerakan Reksa Dana Pasar Uang terlihat stabil dan cenderung rendah risiko. 

Contoh Grafik Pergerakan Salah Satu Produk Reksa Dana Pasar Uang

Sebagai gambaran, berikut adalah dua produk Reksa Dana Pasar Uang yang tersedia di aplikasi Bibit Bisnis: 

Itulah sebabnya, Reksa Dana Pasar Uang bisa menjadi pertimbangan bagi pengusaha muda dalam diversifikasi investasi. Karena pergerakan yang cenderung stabil dan rendah risiko, sehingga pengusaha tidak perlu memusingkan fluktuasi pasar dan pergerakan nilai investasi. Namun di sisi lain, uang Anda tetap bisa tumbuh dengan adanya potensi imbal hasil.

Anda sebagai pemilik badan usaha atau institusi bisa mulai investasi di Reksa Dana Pasar Uang melalui Bibit Bisnis! 

Kenapa Pengusaha Bisa Investasi di Bibit Bisnis?

Bibit Bisnis merupakan layanan yang menawarkan alternatif produk investasi untuk idle fund para pengusaha atau institusi, salah satunya di instrumen reksa dana. Beberapa keuntungan investasi melalui Bibit Bisnis:

1. Aman Terpercaya

Bibit sudah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD).  Uang nasabah aman tersimpan di bank kustodian. Pencairan dana hanya bisa dilakukan ke akun bank atas nama perusahaan yang terdaftar.

2. Tanpa Ada Biaya Tambahan

Imbal hasil yang Anda terima sudah bersih (nett) tanpa potongan pajak dan tanpa biaya tambahan atas transaksi jual beli.

3. Ada Ratusan Produk Reksa Dana yang Bisa Jadi Pilihan

Ada 130+ produk reksa dana yang sudah diseleksi sesuai performa untuk menjadi pilihan berdasarkan tujuan keuangan Anda.

4. Wealth Specialist Khusus untuk Nasabah Institusi

Ada Wealth Specialist yang didedikasikan khusus untuk nasabah Bibit Bisnis. Anda bisa berkonsultasi mulai dari pilihan reksa dana hingga strategi kelola dana investasi. 

Baca Juga: Investasi untuk Pengusaha Lebih Mudah dengan Fitur Unggulan di Aplikasi Bibit Bisnis

Cara Gabung Bibit Bisnis

Ingin mengembangkan idle fund perusahaan Anda bersama Bibit Bisnis? Anda bisa melakukan pendaftaran dengan mudah! Bagi Anda yang sudah menjadi pengguna Bibit, bisa mendaftar melalui halaman profil pada aplikasi Bibit lalu klik bagian “Bibit untuk Perusahaan”. 

Tak masalah jika Anda belum memiliki akun Bibit! Anda dapat tetap mendaftar dengan klik situs Bibit Bisnis di https://bibit.id/bisnis

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi Wealth Specialist Bibit melalui e-mail pada alamat: wealth@bibit.id! 

Investasi dana perusahaan lebih mudah dan efisien di Bibit Bisnis!

Writer: Tim Edukasi

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual produk investasi tertentu.