Cara Mengatasi Kerugian Investasi di Bibit

Sewaktu investasi kamu turun, kamu mungkin berpikir, “wah! saya rugi dong, saya simpan semua investasi saya di Bibit atau jual saja?” Tenang sob, investasi reksadana itu ibarat bisnis kadang naik kadang turun mengikuti kondisi ekonomi terkini. Dalam jangka pendek, NAB bisa saja turun. Namun tidak perlu khawatir, dana kamu dikelola oleh Manajer Investasi profesional. Tetap sabar dan fokus pada tujuan investasi jangka panjang.

Langkah cerdas mengatasi investasi yang rugi adalah tetap santai dan tidak melakukan apa-apa. Tetap nabung rutin secara konsisten tanpa peduli naik atau turunnya harga reksadana.

Kenapa Harus Konsisten Nabung Rutin?

Sejarah membuktikan bahwa, setiap penurunan pasar yang terjadi, akan selalu kembali naik. Dalam jangka panjang, pasar yang tadinya buruk akan berubah menjadi ladang investasi yang siap kita panen di masa depan. 

Kita tidak perlu berusaha menang melawan pasar, karena secara probabilitas dan statistik, kita percaya pasar tetap akan naik dalam jangka panjang. Dalam investasi, melakukan market timing adalah hal yang sangat sulit bahkan bagi professional investor sekalipun. Lebih baik untuk tidak peduli dengan kondisi ekonomi dan fokus investasi jangka panjang.


Dua teman investasi terbaik kamu adalah waktu dan perencanaan yang baik. Bibit bisa membantu di keduanya. Bibit akan merancang portofolio investasi yang optimal dan secara dinamis akan menjaga tingkat risiko sesuai profil kamu. Sehingga kamu bisa berinvestasi secara rutin dengan hasil yang baik secara jangka panjang. 

Cara Nabung Rutin Reksadana di Bibit

9 (11).png

Sekarang kamu bisa pakai fitur “Nabung Rutin” di aplikasi Bibit. Gimana cara pakainya? Gampang banget kok. Setelah kamu lakukan transaksi pertamamu, fitur Nabung Rutin akan muncul di aplikasi Bibit. Kamu bisa langsung atur produk yang akan rutin kamu beli dan tanggal yang pas untuk kamu beli, paling cocok sih pas tanggal gajian~

Setelah itu, kamu akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan pembayaran pada tanggal yang ditentukan, simple kan?

Mau mulai nabung rutin tapi belum punya aplikasi Bibit? Download sekarang!