Rajin Nabung Reksa Dana Rp20 Ribu per Hari, Begini Simulasi Keuntungannya!

Pernah dengar istilah micro investing? Di dunia investasi, kata ini merujuk pada aktivitas investasi yang melibatkan uang dalam jumlah kecil untuk membeli saham, reksa dana, dan produk sekuritas lain melalui platform investasi online

Meski yang ditekankan adalah investasi dengan “uang receh”, bukan berarti investasi mikro tidak menawarkan keuntungan lho. Seperti dilansir Acorns.com, strategi micro investing justru dapat menghindarkan investor dari kekhawatiran volatilitas pasar. 

Karena dana kecil berasal dari hasil menyisihkan uang kembalian, sisa belanja, atau sisa saldo, bisa membuat investor lebih luwes berinvestasi. Selain itu, secara psikologi, ketika investasi dilakukan dengan dana yang kecil, maka investor cenderung tidak terlalu over reaktif saat kondisi pasar naik atau turun. 

Nabung Rp20 Ribu per Hari 

Apabila kamu tertarik dengan micro investing, tapi tetap ingin dana terus bertumbuh, memilih instrumen investasi yang aman adalah kewajiban.

Contohnya, kamu ingin nabung Rp20 ribu per hari dari budget pengeluaran harian. Jadi, opsi terbaik yakni memilih Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) yang dikenal cenderung stabil dan kinerjanya selalu naik bertahap.  

Simulasinya, kamu menyisihkan Rp20 ribu per hari dari pendapatan untuk investasi rutin. Itu artinya dalam satu bulan kamu bisa mengalokasikan Rp600 ribu dan menempatkannya dalam reksadana. 

Jika reksadana yang kamu pilih adalah reksadana pasar uang dengan tingkat return 4,11% per tahun, berikut simulasi keuntungannya dalam satu tahun, tiga tahun, dan lima tahun. 


Disclaimer: Penghitungan di atas adalah simulasi dari Reksa Dana Pasar Uang dengan return tertinggi di Bibit per 19 Januari 2023. Jumlah keuntungan yang didapat tersebut bisa berubah seiring perubahan nilai reksa dana. 

Penjelasannya, jika kamu melakukan micro investing Rp20 ribu setiap hari dan sebulan berhasil mengumpulkan Rp600 ribu. Maka dalam satu tahun (12 bulan), dana yang terkumpul kurang lebih Rp7.200.000 dari hasil Rp600 ribu kali 12. 

Namun, apabila menginvestasikannya dalam reksadana pasar uang seperti di atas, dana kamu bisa berkembang menjadi Rp7.337.811. Lebih jelasnya, bisa kamu cek tabel berikut.


Tips Nabung Rutin secara Konsisten

Namun nabung atau investasi rutin itu tak mudah,” Di antara kamu tentu ada yang bilang begini. Ya, betul. Karena itu, beberapa tips berikut akan membantu. 

  • Miliki Goals Keuangan

Tanpa goals keuangan, investasi rutin hanya akan "apa adanya" bahkan "ogah-ogahan" sehingga dana yang dikumpulkan tak optimal. Sebaliknya, kalau kamu sudah punya goals keuangan, kamu bakal lebih terpacu menabung rutin, apa pun tantangannya, demi mencapai tujuan finansial.

  • Fokus Investasi Jangka Panjang

Investasi adalah aktivitas untuk hasilkan kenaikan nilai aset dari waktu ke waktu. Untuk jangka pendek, keuntungan investasi mungkin tidak akan begitu terasa.  Akan tetapi, di masa depan aset yang kamu miliki saat ini bakal bertumbuh dengan signifikan. Selain reksadana pasar uang, kamu bisa memilih reksa dana saham dan obligasi investasi rutin untuk tujuan jangka panjang. 

  • Sesuai Kemampuan

Jika Rp20 ribu setiap hari terlalu berat, kamu bisa menyiasatinya dengan Rp20 ribu per dua hari, tiga hari, empat hari atau seminggu sekali. Apabila masih juga terasa berat, coba dengan nominal 10 ribu. Yang paling penting, usahakan selalu sisihkan pendapatan, berapa pun nominalnya untuk menabung dan investasi demi tujuan keuangan yang lebih besar.

  • Platform Online yang Tepat

Agar menabung semakin mudah dan menyenangkan, kamu wajib memilih platform investasi yang tepat. Sebab jika salah pilih aplikasi, pasti bukan cuan yang didapat. Sebaliknya, kamu malah bakal males-malesan karena aplikasi investasi yang tidak nyaman digunakan. Contohnya fitur dan menu yang kurang lengkap, tidak user friendly, dan sering error.

Baca Juga: Untung Mana, Nabung Deposito atau Reksadana? Ini Jawabannnya

Uang senilai Rp20 ribu mungkin terbilang kecil. Buat makan dan nongkrong di kafe pun tak akan cukup. Namun, coba bayangkan jika uang sebesar itu ditabungkan secara rutin dan dilakukan secara konsisten dalam instrumen reksa dana. Uang yang kamu kumpulkan akan jauh lebih berkembang dari waktu ke waktu. 

Writer: Tim SEO