Ramadan Boleh Lewat, Tapi Nabung Investasi Jangan Sampai Telat

Ramadan memang sudah selesai, tapi tidak dengan kebiasaan baik yang sudah kamu lakukan selama berpuasa. Salah satunya adalah kebiasaan menabung rutin. Saat puasa kemarin, ingat kan kalau kamu sudah berusaha menahan segala nafsu? Mulai dari dahaga, lapar, hingga nafsu untuk tidak impulsive buying atau membeli hal-hal yang hanya karena “lapar mata”. 

Sebagai gantinya, uang jatah jajan favorit kamu tersebut pelan-pelan bisa dialokasikan untuk beli reksa dana di aplikasi Bibit. Kalau habit menabung pada saat Ramadan dan berlanjut beberapa bulan ke depan, gadget baru bisa ada di genggamanmu. Cek di sini, deh!

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar konsisten nabung bisa tetap kamu lakukan meski Ramadan sudah lewat.

Budgeting is the key! 

Budgeting adalah kunci dari kondisi keuangan yang sehat. Soalnya nih, kalau kamu melakukan budgeting dan konsisten melakukan apa yang kamu catat, dijamin keuangan kamu anti morat marit. Kamu bisa menggunakan trik 20-80 atau trik lainnya, cek di sini untuk detailnya!

Sisihkan, bukan sisakan

Ini artinya lebih baik kita menyisihkan uang dari awal untuk menabung dan berinvestasi. Karena kalau kamu menggunakan uang untuk pengeluaran lain lebih dulu, besar kemungkinan uang yang tersisa menjadi lebih sedikit atau bahkan tidak tersisa. Yang ada, kamu tidak jadi investasi. Jadi terbalik, ya!

Tentukan tujuan keuangan 

Akan lebih baik kalau kamu punya tujuan keuangan. Ini dilakukan supaya kamu lebih semangat saat menabung. Misalnya tujuan untuk beli DP Rumah, liburan, atau untuk memenuhi target dana daruratmu. Tapi, kalau masih bingung dengan tujuan, nggak masalah kamu tetapkan belakangan. Setidaknya kamu sudah berusaha untuk mulai menabung.

Konsisten

Salah satu prinsip penting menabung, bukan seberapa banyak yang bisa kamu sisihkan, tapi seberapa konsisten kamu untuk bisa terus menabung.

Sekarang kita move on ke “jurus” mencapai target keuanganmu dengan menabung di aplikasi Bibit. Setiap orang pasti punya jurusnya sendiri. Tapi, berikut ada beberapa bocoran yang bisa kamu ikuti.

1. Saving Challenge

Cara yang satu ini menarik dan seru. Beberapa user setia Bibit sudah mencoba dan sedang menjalankannya. Secara singkat, tantangan ini memang mengajak kamu untuk tetap konsisten di mana jumlah yang kamu sisihkan tergantung dengan kemampuanmu.

2. Buat Tabel Jajanan Favorit

Kamu pasti punya list jajanan favorit yang sudah jadi langganan tetap. Karena puasa, kamu jadi nggak bisa jajan untuk sementara dan uangnya bisa kamu pakai untuk beli reksa dana di aplikasi Bibit. Supaya bisa berlanjut, tabel jajanan favorit ini bisa tetap kamu tempel sebagai acuan kamu untuk menambah pundi-pundi uang kamu.

3. Set Nabung Rutin di Aplikasi Bibit

Cara yang ketiga ini bisa jadi yang paling mudah karena kamu hanya perlu set berapa yang ingin kamu sisihkan. Buat kamu yang sulit konsisten dan takut lupa, ini bisa menjadi “jalan ninja” kamu untuk konsisten menabung agar tujuan keuangan kamu bisa tercapai.

Dari penjelasan di atas, apakah kamu sudah siap untuk tetap konsisten nabung meski Ramadan sudah lewat? Biar kamu makin semangat, ajak teman, keluarga, pasangan kamu untuk nabung bersama-sama. 

Kalau kamu berhasil pakai salah satu dari 3 “jurus” mencapai keuangan di atas, boleh banget share di akun sosial media kamu dan tag @bibit.id ya! Boleh juga kalau kamu punya jurus sendiri, siapa tahu kamu bisa menginspirasi banyak orang untuk konsisten menabung. Semangat berinvestasi!