Siapa Bilang Wanita Eksis Nggak Bisa Investasi? Ini Cara Kelola Uang Bersama Teman Arisanmu!

Memulai investasi bagi wanita bukanlah hal yang mustahil. Banyak negara yang sudah mulai mengurangi, bahkan menghilangkan, ketimpangan gender dalam dunia investasi. Di Indonesia sendiri, menurut data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pertumbuhan jumlah investor perempuan meningkat drastis, hampir menyentuh 1.000%.

Kenapa wanita harus berinvestasi?

Menurut studi oleh Merrill Lynch, sebanyak 41 wanita berharap mereka menginvestasikan uang mereka lebih banyak. Tapi mengapa hal itu menjadi bagian yang amat penting dari keuangan pribadi?

Pertama, kesetaraan finansial

Ini yang paling utama. Secara lahir maupun batin, penting bagi wanita untuk bisa mencapai rasa kesetaraan dan kemandirian finansial misalnya dengan investasi. Dalam menghadapi masalah seperti kesenjangan gaji yang dipengaruhi oleh jenis kelamin atau pajak gender di Indonesia (pernah dengar soal “pink tax”?), investasi adalah salah satu cara terbaik bagi wanita untuk memastikan bahwa mereka memiliki potensi untuk mengakumulasikan jumlah kekayaan yang sama dengan pria.

Kedua, realisasikan tujuan keuanganmu

Apakah kamu ingin menabung untuk liburan, menabung dana darurat, memasukkan anak-anak ke perguruan tinggi, menabung untuk pengeluaran besar seperti beli rumah, atau hanya menumbuhkan kekayaan kamu secara keseluruhan, berinvestasi dapat menjadi cara paling cerdas untuk wanita untuk menentukan tujuan-tujuan tersebut.

Di balik semua itu nyatanya, para wanita khususnya ibu rumah tangga di Indonesia masih belum bisa mengelola uang atau asetnya ke dalam instrumen investasi. Wanita dengan range usia 25-45 tahun, biasanya memiliki aktivitas sosial dengan teman-temannya yaitu arisan. 

Contohnya, arisan uang, arisan diamond atau tas branded, karena arisan dianggap sebagai wadah menyimpan uang untuk memenuhi kebutuhan di kemudian hari. Beberapa pakar keuangan tidak setuju dengan anggapan arisan sama dengan menabung. Arisan dianggap tidak memberikan keuntungan seperti investasi.

Hal utama yang membedakannya adalah apakah uang arisan yang kamu setorkan setiap pertemuan memiliki bunga atau biaya lainnya? Jawabannya tentu saja tidak, karena dalam arisan tidak ada biaya administrasi atau pengelolaan dari uang yang kamu setorkan. 

Uang yang dikumpulkan melalui arisan nggak akan bertambah jumlahnya meskipun dalam jangka waktu tertentu. Berbeda jika kamu berinvestasi dalam bentuk reksadana, di mana ada imbal hasil yang bisa didapat sesuai dengan konsistensi kamu berinvestasi.

Selain itu uang arisan ini nggak bisa kamu cairkan dengan cepat seandainya kamu mengalami keadaan darurat dan membutuhkan uang. Lagi-lagi, hal dikarenakan sistem dari arisan yang menggunakan aturan undian untuk menentukan siapa yang akan mendapatkan uang. Jadi, kamu nggak bisa prediksi kapan kamu bisa mendapatkan uangnya.

Agar kamu bisa mengubah mindset dari arisan menjadi investasi, memang nggak bisa terburu-buru. Yang harus kalian ketahui adalah pilihlah strategi yang sesuai dengan kondisi keuangan kalian. Kamu bisa mengganti arisan bulanan dengan investasi reksa dana di Bibit dengan fitur Bibit Bareng. 

Di fitur ini kamu bisa investasi bareng dengan keluarga, teman, pasangan, atau partner bisnis untuk mencapai tujuan bersama jadi lebih ringan. Kalian bisa saling memantau dan menyemangati saat menabung dan mengelola investasi bersama sampai mencapai tujuan bersama.

Nggak perlu khawatir, setiap reksa dana yang sudah di-top-up akan tetap menjadi milik masing-masing anggota yang melakukan top-up. Kalian juga bisa memiliki akses bersama untuk memantau riwayat transaksi dari masing-masing anggota.

Apabila target sudah tercapai atau portofolio bersama harus dihentikan di tengah jalan, Bibit akan tetap membagi jumlah portofolio dan keuntungan kamu secara proporsional sesuai total reksa dana yang sudah kalian top-up.

Jika kamu masih belum punya bayangan, bagaimana teknisnya fitur Bibit Bareng untuk arisan. Yuk, Bibit kasih tahu simulasi perhitungannya!

Arisan Ceria

  1. Per satu orang, setoran bulanan adalah Rp 1.000.000

  2. Anggota arisan Ceria: 20 orang

  3. Jika kamu sebagai teman yang mengajak 19 teman arisan lainnya untuk install dan menabung di BIbit dengan minimal dana Rp 100.000, maka kode referral yang akan kamu dapatkan: Rp 25.000 x 19 orang = Rp 475.000

Selain itu, jika kamu membuat dan menggunakan kode referral Bibit, maka ada hal menarik yang bisa kamu peroleh. Selain bisa mendapatkan cashback, kode referral Bibit tersebut tidak akan mengalami kadaluarsa. Dari sini kamu dan teman-temanmu bisa menggunakan kode referral tersebut kapan saja. Dari beberapa hal menarik itu maka peluang untuk terus-menerus mendapatkan cashback bisa kamu peroleh.

Tertarik mencoba fiturnya?

Simak, cara mengajak keluarga, teman, pasangan atau partner bisnis untuk investasi bareng dengan fitur “Bibit Bareng”

1. Tambah satu portofolio baru, selain Dana Pensiun dan Dana Tabungan. Lalu klik Bibit Bareng.

2. Klik Jadikan Investasi Bibit Bareng.

3. Klik Invite atau Undang untuk ajak teman-teman arisanmu untuk bergabung.

4. Undangan investasi bareng akan dikirim. Tunggu teman-temanmu bergabung.

Itulah langkah-langkah memulai investasi dengan fitur Bibit Bareng agar arisanmu bisa tetap jalan dan tentunya memiliki imbal hasil. Yuk, mulai investasimu dengan “Bibit Bareng” agar tujuan keuangan kalian bisa dicapai dengan lebih ringan dan install aplikasinya di Play Store atau App Store!