Reksa Dana Bagi Dividen, Investor Untung atau Rugi?

Pernah nggak kamu dengar kata dividen? Istilah dividen mungkin sering terdengar saat berinvestasi di saham. Tapi sebenarnya, investasi di reksa dana juga ada dividen lho.

Nah, dividen reksa dana diartikan sebagai pembagian hasil keuntungan dari reksa dana yang kamu miliki. Pembagian ini biasanya dalam bentuk unit penyertaan reksa dana. 

Produk Reksa Dana yang Membagikan Dividen 

Nggak semua produk reksa dana membagikan dividen. Di aplikasi Bibit, tercatat ada 8 reksa dana yang membagikan dividen. Dari 8 reksa dana tersebut, 6 di antaranya adalah Reksa Dana Obligasi (RDO) dan 2 Reksa Dana Saham (RDS). Detail produk reksa dananya sebagai berikut (per Desember 2022):

  • Manulife Obligasi Unggulan Kelas A

  • Schoder Dana Mantap Plus II

  • Batavia Dana Obligasi Ultima

  • Eastspring Investments Yield Discovery Kelas A 

  • BNI-AM Dana Pendapatan Tetap Makara Investasi

  • Principal Total Return Bond Fund

  • BNI-AM Indeks IDX30

  • BNI-AM Dana Saham Inspiring Equity

Pembagian dividen reksa dana tergantung dari Manajer Investasi (MI) yang mengeluarkan produk reksa dana tersebut. Artinya, tidak semua dividen dibagikan dalam bentuk tunai atau unit penyertaan. Waktu pembagiannya beragam, ada yang setiap bulan, per 3 bulan, per 6 bulan. Bahkan ada yang tidak tentu periode waktunya, karena kembali lagi kepada kebijakan MI selaku pengelola reksa dana.

Kalau Kamu Dapat Pembagian Dividen, Untung atau Rugi Sih?

Ketika sebuah produk reksa dana membagikan dividen, maka harga Net Asset Value (NAV) atau harga unit reksa dana tersebut akan turun. Penurunan tersebut karena dividen yang dibagikan berasal dari NAV reksa dana. Contohnya sebagai berikut:

Penurunan NAV Saat Dividen Dibagikan

Adanya penurunan harga NAV saat dividen dibagikan sering kali menimbulkan kebingungan bagi investor. Tapi nggak perlu khawatir karena meskipun NAV turun, bukan berarti kamu rugi. Soalnya, kamu sebagai investor mendapatkan dividen berupa tambahan unit reksa dana di portofolio kamu. 

Supaya nggak bingung, berikut grafik reksa dana di aplikasi Bibit yang menunjukkan performa sesungguhnya dengan memperhitungkan pembagian dividen reksa dana. Simak penjelasannya di gambar berikut ini!

Info Penyesuaian Dividen di Aplikasi Bibit

Grafik di atas adalah pergerakan produk Manulife Obligasi Unggulan Kelas A per 26 Desember 2022. Grafik warna ungu adalah performa reksa dana kalau dividen nggak diperhitungkan, sementara grafik warna hijau adalah performa sesungguhnya di mana pembagian dividen  juga diperhitungkan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka pembagian dividen pada reksa dana menguntungkan buat investor. Karena, walaupun NAV-nya turun namun kamu sebagai investor akan mendapatkan tambahan berupa unit penyertaan. Sehingga, jika dikalkulasikan maka nilai investasi kamu akan meningkat. 

Di Bibit, kamu bisa melihat imbal hasil tahunan yang sesungguhnya dengan perhitungan dividen pada kolom Return (Dividen Adjusted). Panduan cara mengeceknya bisa kamu temukan dengan klik di sini ya!

Buat kamu yang berinvestasi pada produk reksa dana yang membagikan dividen, Bibit akan memberikan notifikasi melalui email saat dividen dibagikan. Kamu juga bisa lihat informasi kapan saja produk reksa dana membagikan dividen di halaman produk pada aplikasi Bibit kok! Jadi, sebagai investor kamu nggak perlu panik lagi kalau tiba-tiba melihat NAV produk reksa dana yang kamu miliki mengalami penurunan saat pembagian dividen ya!