Berapa Budget Perawatan Kucing? Ini Rincian yang Harus Kamu Perhatikan!

Memelihara kucing memang menjadi hal yang menyenangkan karena kucing bisa kamu anggap sebagai teman bermain di rumah. Ternyata studi ilmiah pun menemukan beragam manfaat memelihara kucing, baik untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Karena kamu bisa mengajaknya bermain dan menikmati waktu santai di sela-sela kesibukanmu. 

Namun, selain menyenangkan memiliki hewan peliharaan juga membutuhkan budget yang harus dikeluarkan untuk merawatnya,  mulai dari membeli makanan, vitamin, perawatan jika sakit, dan yang lainnya. Sebagai pemilik kucing,  pastikan kamu memperhitungkan biaya-biaya di bawah ini dengan baik agar tidak mengganggu kondisi keuanganmu.

Berikut beberapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk kebutuhan kucing kesayanganmu.

(Note: tabel ini adalah perhitungan untuk satu ekor kucing)

Biaya Makanan

Sama seperti kita, kucing juga membutuhkan makan setiap harinya. Kalau kamu  memiliki lebih dari satu hewan peliharaan, maka biaya makanan tersebut bisa  disesuaikan saja. Selain itu, jenis makanan ini juga harus disesuaikan sesuai dengan jenis kucing atau peliharaan itu sendiri.

Biaya Kebersihan

Kucing juga membutuhkan perawatan agar tetap sehat dan tidak mudah sakit. Jika ingin memandikan dan melakukan perawatan sendiri di rumah,  maka siapkan sisir dan juga shampo khusus untuk kucing.  Jika dibandingkan dengan kucing biasa,  perawatan kucing ras akan membutuhkan biaya yang lebih besar. 

Biaya Kandang dan Perlengkapan Lainnya

Membeli kandang juga menjadi kebutuhan tersendiri ketika kamu memiliki kucing. Biasanya satu kandang ukuran standar untuk 1 ekor kucing saja.  Artinya, jika memiliki 4 ekor kucing, maka harus menyiapkan 4 kandang sekaligus.

Baca juga : Bikin Liburan Makin Seru, Siapkan Dananya Lebih Dulu!

Biaya Kesehatan

Kamu juga perlu menyiapkan biaya kesehatan untuk hewan peliharaan, termasuk untuk biaya vaksin dan juga sterilisasi. Selain itu, siapkan juga biaya tak terduga, jika sewaktu-waktu kucing tersebut sakit dan membutuhkan perawatan medis. 

Untuk mengantisipasi biaya tak terduga jika sewaktu-waktu kucing sakit, kamu harus menyiapkan tabungan khusus untuk kebutuhan yang satu ini. 

Atur Keuangan Perawatan Si Kucing dengan Reksadana Bibit

Itulah tabel tentang rincian biaya jika kamu ingin memelihara seekor kucing. Memelihara hewan peliharaan tentu akan membuat kamu memiliki sejumlah pengeluaran rutin setiap bulan untuk kebutuhan yang satu ini. Hal ini tidak salah, selama kamu bisa mengatur keuangan dengan baik. Dari tabel di atas kamu bisa mulai menyiapkan dana sekitar 1,3 juta  agar kamu bisa selalu merawat kucingmu dengan cara yang paling tepat. Maka dari itu, kamu perlu membuat portofolio khusus misalnya “Anabul” di aplikasi Bibit agar tidak terlalu berat mengeluarkan dana setiap bulannya.

Kamu bisa memanfaatkan fitur Nabung Rutin di Bibit untuk membantu kamu melakukan investasi secara konsisten setiap bulan pada tanggal yang telah kamu set. Dan tentunya agar kamu disiplin berinvestasi dan mengingatkan kamu supaya tidak lupa berinvestasi.

Fitur Nabung rutin ini akan mengirim push notification dan email pada tanggal yang telah kamu set, sekaligus membuat order pembeliannya. Kamu bisa langsung melakukan pembayaran/transfer saja di order yang telah di set. Simak dulu, yuk, langkah-langkah memulai Nabung Rutin di Bibit berikut ini!

  1. Klik Nabung Rutin di halaman Home, lalu klik Buat Baru

  2. Atur pembelian rutin kamu

  3. Pilih Portofolio dan Produk Reksa Dana

  4. Masukkan Nilai Investasi dan Pilih Metode Pembayaran Autodebit, Instant Payment atau Virtual Account

  5. Tentukan Frekuensi Nabung Rutin kamu, bisa harian, mingguan atau bulanan, dan Masa Berlaku nabung rutin kamu. setelah itu bisa Klik Lanjut

  6. Bibit akan menampilkan rincian nabung rutin kamu, klik Konfirmasi Setelah semua prosesnya selesai.

  7. Nabung rutin kamu sudah berhasil di set

  8. Nabung rutin berhasil di-set, nanti setiap tanggal yang kamu set akan ada notifikasi di HP kamu untuk melakukan pembayaran pembelian reksadana, tak perlu melakukan order, tinggal transfer dana ke rekening di menu Transaksi. Note: Khusus metode pembayaran Jago Autodebit, Bibit akan mengirimkan Reminder sehari sebelum hari autodebit.

Baca juga : Cara Nabung di Reksa Dana Untuk Modal Bisnis Kekinian Hingga Rp 100 Juta

Kamu bisa bebas menentukan frekuensi nabung rutin, harian, mingguan, atau bulanan. Dan pastikan jumlahnya sesuai penghasilan bulananmu. Mari kita misalkan kita bisa menabung Rp 300.000 per minggu atau Rp 1.200.000 per bulan di Bibit. Jadi, kamu tidak terlalu berat setiap bulannya untuk biaya merawat si anabul kesayangan.