Bibit Weekly 29 Oktober 2022: Sudah Siap Ngumpulin Dana Pensiun? Cek Level Pemahamanmu di Sini!

Sepanjang Oktober 2022 ini, Bibit Weekly sudah membahas banyak hal tentang dana pensiun. Mulai dari kenapa penting untuk mengumpulkan dana pensiun sejak dini, cara hitung target dana pensiun, sampai instrumen investasi dan juga tips dan triknya! Supaya nggak lupa, yuk simak rangkumannya berikut ini! Jadi biar makin siap isi quiz buat cek level pemahamanmu yang bisa kamu akses di akhir artikel ini!

Week 1: Pentingnya Siapkan Dana Pensiun untuk Putus Rantai Generasi Sandwich

Salah satu cara untuk memutus rantai generasi sandwich adalah dengan menyiapkan dana pensiun untuk hari tuamu nanti. Makanya, dana pensiun menjadi tujuan keuangan yang tidak kalah penting. Alasan lain kenapa kamu perlu mengumpulkan dana pensiun:

  • Pada akhirnya kita akan pensiun: seiring berjalannya waktu, maka kamu akan memasuki usia non-produktif dan mungkin tidak bisa bekerja lagi (berpenghasilan).

  • Pensiun butuh dana yang besar: jumlahnya bahkan bisa miliaran rupiah. Bayangkan saat pensiun nanti, kamu harus memenuhi biaya hidup sehari-hari ditambah dengan adanya inflasi.

Week 2: Agar Siap Saat Pensiun, Bahas Hitung-hitungannya di Sini!

Untuk menentukan jumlah target dana pensiun, ada 2 hal yang perlu kamu tentukan terlebih dahulu:

  1. Kapan ingin pensiun: tentukan target usia pensiunmu. Misalnya kamu ingin pensiun di usia 55 tahun.

  2. Pengeluaran bulanan saat ini: pengeluaran bulanan ini akan dijadikan sebagai acuan untuk menghitung target dana pensiun di masa depan. 

Setelah mengetahui 2 hal tersebut, kamu bisa coba mulai hitung target dana pensiun dan berapa yang harus kamu sisihkan tiap bulannya. Caranya mudah, tinggal masukkan angka-angka tersebut di Kalkulator Dana Pensiun Bibit! Klik di sini untuk download kalkulatornya ya! 

Week 3: Kumpulin Dana Pensiun, Enaknya Investasi di Instrumen Apa?

Sebelum menentukan instrumen investasi untuk mengumpulkan dana pensiun, 2 hal penting yang perlu diperhatikan yaitu jangka waktu investasi dan profil risiko. Setelah memahami 2 faktor tersebut, kamu bisa memilih instrumen investasi untuk dana pensiun yang cocok untukmu. Beberapa pilihannya antara lain: 

  1. Reksa Dana Pasar Uang: cocok untuk yang memiliki profil risiko konservatif.

  2. Reksa Dana Obligasi: cocok untuk kamu dengan profil risiko moderat.

  3. Reksa Dana Saham: cocok untuk investor yang memiliki profil risiko agresif.

  4. Saham: cocok untuk investor dengan profil risiko agresif dan sudah memiliki skill mumpuni seperti analisis teknikal dan fundamental dalam memilih saham yang tepat untuk mengumpulkan dana pensiun.

Week 4: Strategi dan Cara Ngumpulin Dana Pensiun Agar Aman di Masa Tua

Ada banyak strategi yang bisa dilakukan saat mengumpulkan dana pensiun. Beberapa di antaranya adalah mulai dari awal atau sejak dini  karena semakin cepat kamu memulai untuk menabung dana pensiun, maka semakin sedikit jumlah yang harus kamu sisihkan. Lalu juga lakukan diversifikasi aset dan terus konsisten agar bisa mencapai tujuan

Jika waktu pensiun sudah dekat, tapi tidak menyiapkan dana pensiun sejak awal, maka bisa dipertimbangkan untuk menunda masa pensiun. Sehingga bisa menambah jangka waktu untuk bisa menyiapkan dana untuk hari tuamu nanti. Memilih instrumen investasi yang rendah risiko juga bisa menjadi pilihan jika masa pensiunmu sudah dekat, contohnya dengan Reksa Dana Pasar Uang (RDPU). 

Nah, itu tadi adalah rangkuman Bibit Weekly edisi Oktober 2022 tentang Dana Pensiun! Semoga kamu semakin paham dan jadi semangat untuk menyiapkan hari tuamu ya! Biar makin seru, yuk ikutan Quiz Cek Level Pemahaman Mengumpulkan Dana Pensiun. Intip bocoran pertanyaannya berikut ini:

1. Salah satu cara untuk memutus rantai generasi sandwich adalah…

a. Mencari pinjaman bank

b. Mengumpulkan dana pensiun lebih awal

c. Mengandalkan anak di masa depan 

d. Berutang pada teman 

2. Alasan kita harus mengumpulkan dana pensiun sedini mungkin….

a. Semakin cepat kamu memulai untuk menabung dana pensiun, maka semakin sedikit jumlah yang harus kamu sisihkan

b. Karena biaya pensiun yang dibutuhkan sangat besar, bisa mencapai miliaran rupiah

c. Karena pada akhirnya kita akan mencapai usia non-produktif sehingga mungkin tidak bekerja lagi dan tidak berpenghasilan 

d. Semua benar

3. Hal yang perlu diketahui sebelum menghitung dana pensiun yang perlu dikumpulkan, kecuali…

a. Target usia pensiun

b. Suku bunga acuan Bank Indonesia

c. Pengeluaran bulanan dan tahunan saat ini

d. A dan C benar

Penasaran sama quiz selengkapnya? Yuk jawab semua pertanyaan quiz dengan klik link di bawah ini ya! Kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan voucher Reksa Dana dari Bibit senilai Rp30 ribu yang akan dibagikan untuk 20 orang pemenang. Ini syarat dan ketentuan untuk dapetin voucher-nya!

  • Jawab 8 pertanyaan yang ada pada Quiz Cek Level Pemahaman Mengumpulkan Dana Pensiun.

  • Setelah isi quiz, share score yang kamu dapat dari quiz di IG Story, jangan lupa tag @bibit.id dan tulis kesan serta harapan kamu untuk Bibit Weekly.

  • Pastikan akun Instagram kamu tidak terkunci/tidak digembok.

  • Pemenang akan diumumkan melalui IG Story @bibit.id pada Kamis, 3 November 2022 dan selanjutnya akan dihubungi langsung melalui DM Instagram oleh @bibit.id!

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk isi quiz-nya sekarang, ditunggu sampai Rabu, 2 November 2022 ya!😊