Bibit Weekly Newsletter 25 September 2021: Solusi Capai Tujuan Keuangan dengan Nabung Rutin!

Halo Teman Bibit, 

Tiga minggu terakhir, kita telah membahas kendala mencapai tujuan keuangan, autodebit sebagai solusi mudah mengatasinya, dan manfaat metode Dollar Cost Averaging dalam menghadapi fluktuasi pasar. Kini saatnya kita rangkum apa yang sudah kita pelajari!

Week 1 : Kendala Mencapai Tujuan Keuangan

Di minggu pertama, kita mengetahui bahwa mencapai tujuan keuangan bukan perkara mudah. Banyak kendala yang muncul. Tujuan keuangan setiap orang bisa berbeda atau sama, ada orang yang bisa mencapainya tepat waktu, tapi ada juga yang tidak.

Ini biasanya disebabkan oleh beberapa kesalahan umum, antara lain:

  • Kurang disiplin

  • Overthinking dalam berinvestasi

  • Tidak memperhitungkan risiko dan jangka waktu

Week 2 : Solusi Mudah Mencapai Tujuan Keuangan

Di minggu kedua, kita belajar solusi yang bisa mengatasi kendala - kendala diatas, yaitu nabung rutin pakai autodebit dengan nentuin jadwal rutin dan jumlah yang ingin diinvestasikan.  Selain membantu kamu disiplin menambah tabungan, ini juga membantu kamu bangun habit finansial dengan konsisten.

Selain itu, autodebit bisa bantu mencegah kebiasaan beli barang tanpa berpikir panjang yang disebut impulsive buying. Ketika dana kamu terpotong dan diinvestasikan melalui autodebit, tanpa disadari kamu telah menerapkan prinsip spending after saving. Mencapai tujuan keuangan akhirnya akan terasa lebih mudah! :)

Week 3 : Keadaan Pasar Tidak Menentu? Siapa Takut!

Selain membantu bangun habit dan disiplin, di minggu ke-3 kita belajar kalau autodebit nabung rutin juga efektif buat menghadapi fluktuasi pasar. Dengan nabung rutin, kita otomatis mengaplikasikan strategi Dollar Cost Averaging (DCA), atau istilahnya, mencicil investasi secara berkala dengan nominal yang sama. Strategi ini juga banyak disarankan para ahli investasi, lho.

Berikut beberapa manfaatnya :

  1. Ngga ribet analisis dan hemat waktu

  2. Strategi investasi tahan krisis

  3. Lebih rasional dalam berinvestasi


What’s Next?

Kurangnya kontrol diri dalam berinvestasi dan situasi pasar yang tidak menentu bisa menghambat kita dalam proses mencapai tujuan keuangan. Autodebit dapat berperan sebagai solusi praktis dan mudah mengatasi hambatan tersebut.

Consistency is the key!

Semoga dengan menyadari pentingnya rutin berinvestasi, bisa membuat kita semakin dekat meraih tujuan keuangan impian! Yuk, ikutan jadi Generasi Nabung Rutin mumpung lagi ada cashback 150 ribu buat kamu yang nabung rutin selama 6 minggu berturut-turut.


Kabar Utama

Menteri Keuangan optimis ekonomi Indonesia pada triwulan III (Juli-September) tumbuh 4-5% karena penjualan ritel dan penjualan kebutuhan sehari-hari masyarakat perlahan naik. Diikuti juga dengan menurunnya kasus Covid-19 dan program vaksinasi yang terus berjalan. 

Selain itu, konsumsi listrik sektor industri pada Agustus 2021 bertumbuh 10% dan neraca dagang Indonesia pada Agustus surplus USD 4,74 miliar yang nandain aktivitas ekonomi mulai membaik.  

Lalu, realisasi program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) hingga 17 September 2021 mencapai Rp 395,92 triliun dari total Rp 744,77 triliun yang digunakan untuk penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi. 

Poin Penting:

Pencapaian membaiknya beberapa data ekonomi ini karena Pemerintah mengatur keseimbangan antara kesehatan dan ekonomi. Lalu, Ibu Sri Mulyani juga optimis bahwa ekonomi triwulan IV (Oktober-Desember) makin meningkat dengan asumsi pandemi tetap terkendali.


Kabar Indonesia

  • Bank Indonesia kembali mempertahankan suku bunga acuan di 3,5%. Keputusan ini bertujuan untuk menjaga nilai tukar rupiah dan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

  • Menteri Keuangan menginfokan realisasi subsidi energi dari Januari-Agustus 2021 mencapai Rp 84,1 triliun. Lebih tinggi 37,3% dari Januari-Agustus 2020. Salah satu kenaikannya pada jumlah pelanggan listrik bersubsidi naik dari 36,57 juta pelanggan menjadi 37,68 juta pelanggan. 

  • Penjualan mobil dari pabrik ke dealer dalam negeri bulan Agustus 2021 tumbuh 25% dibanding bulan sebelumnya. Ini efek positif dari insentif diskon PPnBM. Oleh karena itu, Pemerintah resmi memperpanjang diskon PPnBM berdasarkan PMK No.120 tahun 2021 dengan harapan bisa mendorong penjualan mobil sehingga menciptakan efek domino pada ekonomi Indonesia.


Poin Penting: 

Kamu bisa tetap fokus pada tujuan investasi karena Bank Indonesia dan Pemerintah selalu bekerja sama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.


Catatan kaki: “Take it simple idea and take it seriously” - Charlie Munger