Jelang Akhir Tahun: Arah Kebijakan Suku Bunga dan Strategi Investasinya

 Jelang Akhir Tahun: Arah Kebijakan Suku Bunga dan Strategi Investasinya

Konsensus Bloomberg memperkirakan suku bunga acuan BI akan ditahan di level 6% hingga kuartal II-2024 dan mulai dipangkas di kuartal III-2024. Senada, Bank Sentral AS, The Fed, juga diproyeksi akan menahan suku bunga seiring dengan penurunan inflasi ke 3,2% YoY per Oktober 2023. Hal ini meningkatkan optimisme pelaku pasar bahwa suku bunga sudah di puncak. Dengan kondisi seperti ini, aset investasi apa yang atraktif dan bagaimana strategi investasi jelang pemangkasan suku bunga? 

Read More

Promo “Investment Unwrapped” Eksklusif! Cashback hingga Rp8 Juta

Promo cashback khusus bagi nasabah Bibit Premium yang datang ke acara “Bibit X Sucorinvest-AM: 2023 Investment Unwrapped” yang membeli produk Reksa Dana Sucor-AM.

Syarat dan ketentuan:

1. Periode pembelian selama maksimal 1 bulan dan perhitungan pembelian berlaku akumulasi dari tanggal 8 Desember 2023 sampai 8 Januari 2024

2. Nasabah melakukan pembelian (Subs) pada reksa dana Sucor AM yang tersedia di Bibit. Dana pembelian yang diperhitungkan merupakan dana baru dan bukan hasil penjualan (redeem) atau pengalihan (switching) reksa dana Sucor AM selama periode pembelian.

3. Transaksi Net Subs (pembelian - penjualan) tertinggi selama periode pembelian akan mendapatkan rewards sesuai dengan nilai net subs tertinggi ke terendah mengacu pada kuota dan ketentuan tiering minimal akumulasi pembelian diatas.

4. Transaksi yang eligible harus berbentuk fresh money tidak diperbolehkan switching atau penjualan dana porto lain di Bibit.

5. Pengumuman pemenang rewards akan diumumkan oleh Bibit setelah periode Observasi 3 bulan selesai dilakukan, hingga 9 April 2024

6. Bila hasil penjualan reksa dana lebih besar dari pembelian selama periode observasi maka akan mengurangi perhitungan net subs di periode pembelian

7. Hadiah akan diberikan maksimal 15 hari kerja setelah pengumuman dalam bentuk Unit Reksa Dana Sucorinvest Sharia Money Market Fund.

8. Hadiah pemenang tidak dapat diganti dalam bentuk apa pun.

PROMO EKSKLUSIF! Investasi di Bibit Dapat Cashback hingga Rp40 Juta

Promo cashback khusus bagi nasabah Bibit Premium dan nasabah baru yang datang ke acara “Bibit x Art Jakarta: Stop. Breathe. Reflect” yang membeli produk Reksa Dana Obligasi, Reksa Dana Pasar Uang, dan semua produk Obligasi FR & SBN Ritel seri ST011.

Syarat dan ketentuan:

1. Promo hanya berlaku bagi nasabah Bibit Premium, baik nasabah aktif ataupun new user yang hadir ke acara Bibit x Art Jakarta: Stop. Breathe. Reflect. dan bertransaksi selama periode promo berlangsung.

2. Cashback berupa unit penyertaan produk reksa dana sesuai transaksi yang eligible.

3. Transaksi yang eligible harus berbentuk fresh money tidak diperbolehkan switching atau penjualan dana porto lain di Bibit. 

4. Promo berlaku untuk pembelian produk Reksa Dana Obligasi, Reksa Dana Pasar Uang, semua produk FR, dan SBN seri ST011 di Bibit. 

5. Total nominal transaksi pembelian yang eligible akan diperhitungkan akumulatif di akhir periode promo

6. Periode promo

  • Periode transaksi untuk promo Reksa Dana: 17 - 23 November 2023

    • Periode holding (hanya untuk promo reksa dana) : 24 November 2023 - 24 November 2024

  • Periode transaksi untuk promo Obligasi FR: 17 - 23 November 2023

  • Periode transaksi untuk promo SBN Ritel seri ST011 (hanya untuk new buyers SBN): 20 - 23 November 2023

7. Khusus untuk promo SBN dikhususkan untuk new buyers (investor yang baru pertama kali membeli produk SBN)

8. Pengumuman user yang eligible untuk Promo Reksa Dana akan diumumkan melalui email paling lambat pada tanggal H+5 setelah promo periode selesai pada 23 November 2023 (cek alamat email yang terdaftar di akun Bibit).

9. Pengiriman cashback Reksa Dana untuk  user yang eligible untuk Promo Reksa Dana akan diumumkan melalui email paling lambat pada tanggal H+10 setelah holding period di 23 November 2024 (cek alamat email yang terdaftar di akun Bibit).

10. Pengiriman cashback reksa dana & pengumuman user yang eligible untuk Promo Obligasi FR & SBN Ritel seri ST011 akan diumumkan melalui email paling lambat pada tanggal 13 Desember 2023 (cek alamat email yang terdaftar di akun Bibit).

11. Bonus cashback nantinya akan dikirim ke masing-masing pengguna terpilih dalam bentuk saldo cashback yang dapat dicek di halaman menu referral > saldo referral > riwayat cashback

12. Bonus cashback yang didapat dari Promo Reksa Dana, nantinya bisa digunakan/di-redeem untuk pembelian reksa dana sampai Januari 2025 (jika kamu berhasil mendapat cashback, jangan lupa untuk menggunakan/redeem cashback kamu sebelum tanggal tersebut)

13. Bonus cashback yang didapat dari Promo Obligasi FR & SBN Ritel seri ST011, nantinya bisa digunakan/di-redeem untuk pembelian reksa dana sampai 13 Februari 2023 (jika kamu berhasil mendapat cashback, jangan lupa untuk menggunakan/redeem cashback kamu sebelum tanggal tersebut)

14. Promo tidak berlaku untuk transaksi pembelian Reksa Dana menggunakan Robo

15. Promo berlaku untuk transaksi pembelian Reksa Dana, Obligasi FR & SBN Ritel seri ST011 melalui aplikasi Bibit maupun secara manual melalui personal Wealth Specialist

16. Promo dan syarat dan ketentuan promo sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

17. Bibit berhak untuk membatalkan pemberian voucher apabila ditemukan indikasi penyalahgunaan oleh pengguna dan/atau pelanggaran syarat dan ketentuan.

Return RD Obligasi Korporasi Lebih Optimal di atas 2 Tahun

Reksa Dana Obligasi Korporasi menempatkan asetnya minimal 80% di surat utang korporasi. Kenaikan performa Reksa Dana Obligasi Korporasi didapat kupon dan capital gain dari surat utang korporasi. 

Return yang didapat dari Reksa Dana Obligasi lebih optimal dalam jangka waktu menengah  (2-5 tahun) hingga panjang ( lebih dari 5 tahun). Simak penjelasannya!

Naik Stabil Seperti RDPU, Tapi Tetap Ada Potensi Turun 

Reksa Dana Obligasi Korporasi memiliki pergerakan cenderung relatif stabil naik ke atas seperti Reksa Dana Pasar Uang (RDPU). 

Tapi bukan berarti Reksa Dana Obligasi korporasi memiliki tingkat risiko yang setara dengan Reksa Dana Pasar Uang. Obligasi korporasi memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan instrumen pasar uang. Lihat gambar dibawah ini!

Jadi investor perlu memahami bahwa RD Obligasi Korporasi menunjukkan kenaikan dalam jangka panjang, tetapi juga memiliki potensi penurunan sementara dalam jangka pendek. 

Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi penurunan RD Obligasi korporasi:

  • Ekspektasi tingkat suku bunga

  • Risiko gagal bayar obligasi korporasi 

  • Adanya perubahan credit rating pada obligasi korporasi.

Terapkan Strategi Nabung Rutin di RD Obligasi Korporasi

Alasannya karena dengan investasi jumlah dana yang sama setiap bulan atau minggu, maka kamu akan:

  •  Disiplin berinvestasi tanpa terpengaruh keputusan emosional

 Mendapatkan harga rata-rata karena dapat unit reksa dana lebih banyak saat harga turun dan lebih sedikit ketika harga naik.

Return RD Obligasi Negara Lebih Optimal di atas 2 Tahun

Reksa Dana Obligasi Negara menempatkan asetnya minimal 80% di surat utang negara. Kenaikan performa Reksa Dana Obligasi Negara didapat kupon dan capital gain dari surat utang negara. 

Return yang didapat dari Reksa Dana Obligasi lebih optimal dalam jangka waktu menengah  (2-5 tahun) hingga panjang ( lebih dari 5 tahun). Simak penjelasannya!

Secara Historis Naik Dalam Jangka Panjang, Tapi Fluktuatif Dalam Jangka Pendek

Reksa Dana Obligasi Korporasi memiliki pergerakan cenderung relatif naik dalam jangka panjang. Lihat gambar dibawah ini!

Jadi investor perlu memahami bahwa RD Obligasi Negara secara historis menunjukkan kenaikan dalam jangka panjang. Alasannya karena kupon dari obligasi negara yang pasti dibayarkan pemerintah hingga jatuh tempo sebagai salah satu penggerak harga NAV. 

Pergerakan yang fluktuatif dalam jangka pendek disebabkan oleh:

  • Ekspektasi tingkat suku bunga

  • permintaan dan penawaran obligasi pemerintah di pasar sekunder yang cukup tinggi.

Terapkan Strategi Nabung Rutin di RD Obligasi Negara

Alasannya karena dengan investasi jumlah dana yang sama setiap bulan atau minggu, maka kamu akan:

  •  Disiplin berinvestasi tanpa terpengaruh keputusan emosional

 Mendapatkan harga rata-rata karena dapat unit reksa dana lebih banyak saat harga turun dan lebih sedikit ketika harga naik.

RD Obligasi Optimal Setelah Jangka Waktu 2 Tahun

Return dari investasi Reksa Dana Obligasi lebih optimal dalam jangka waktu menengah  (2-5 tahun) hingga panjang ( lebih dari 5 tahun). Simak penjelasannya di bawah ini!

Isi RDO Minimal 80% di Instrumen Obligasi

RDO merupakan reksa dana yang minimal 80% komposisinya dialokasikan ke instrumen obligasi. 

Obligasi adalah surat yang diterbitkan oleh pemerintah maupun korporasi akan menjanjikan pembayaran di masa depan hingga jatuh tempo. Keuntungan obligasi dari kupon dan capital gain. 

Keuntungan dari Obligasi Akan Tercermin di NAV

Capital gain dan kupon yang didapat oleh manajer investasi saat mengelola reksa dana nanti akan tercermin dalam NAV.

Lalu, Apa yang Membuat NAV Bergerak Setiap Hari?

Misalkan Reksa Dana Obligasi Negara A memiliki alokasi aset terbanyak di Obligasi FR:


FR0056, FR0059, FR0068, FR0081, FR0082, FR0083, FR0086, FR0087, FR0091, FR0096


Dari top 10 holdings tersebut, kita ambil 1 produk Obligasi FR yaitu FR0081 yang mempunyai label “Top Short Term” di aplikasi Bibit.

Perubahan harga ini menjadi salah satu yang tercermin pada NAV RDO.

Begitu harga aset di RD Obligasi turun maka otomatis NAV juga akan ikut turun. (catatan: Reksa Dana Obligasi dalam kasus ini harga Obligasi FR)

Apakah itu Hal yang Baik atau Buruk?

Pergerakan harga obligasi akan berbanding terbalik dengan pergerakan yield obligasi.

Yield yang naik membuat manajer investasi cenderung untuk mengamankan posisi portofolio yang dikelola dengan produk yield yang relatif lebih tinggi. Dan hal sebaliknya juga berlaku.

Akan tetapi, hal ini tidak langsung terefleksi ke dalam pergerakan NAV. Alasannya karena angka yang terefleksi pada NAV adalah pergerakan harga dari obligasi yang turun, bukan yield yang naik.

Lalu, Investor Reksa Dana Harus Apa?

Dalam jangka pendek, perubahan harga tersebut akan menurunkan nilai NAV. Namun secara jangka panjang, perubahan harga tersebut dapat tertutup dengan sumber imbal hasil lainnya, yaitu nilai kupon obligasi. 

Jadi, kamu tetap bisa terapkan nabung rutin reksa dana obligasi dalam jangka waktu menengah  (2-5 tahun) hingga panjang ( lebih dari 5 tahun).

Investasi Pakai RDN Jago, Pasti Dapat Cashback 25 Ribu

Mumpung tanggal muda, investasi di Bibit pakai RDN Jago dan dapatkan cashback Rp25 ribu. Coba sekarang!

  1. Periode Promo: 28 Agustus 2023 - 3 September 2023

  2. Promo khusus pengguna Bibit yang menerima notifikasi/email ini dari Jago/Bibit

  3. Lakukan pembelian produk reksa dana/FR Bonds/saham melalui aplikasi Bibit dengan nominal paling sedikit Rp500.000 dalam 1 transaksi

  4. Pembayaran harus dilakukan menggunakan metode pembayaran RDN Jago dan dilakukan paling lambat 3 September 2023 pukul 23:59 WIB

  5. Promo ini tidak berlaku untuk transaksi menggunakan Jago Autodebit

  6. Setiap pengguna hanya bisa mendapatkan hadiah sebanyak 1 kali selama periode promo berlangsung

  7. Pembelian harus dilakukan dalam 1 transaksi

  8. Hadiah berupa Saldo Jago sebesar Rp25.000 akan dikirimkan ke Kantong Utama Jago

  9. Hadiah paling lambat dikirimkan ke Kantong Utama Jago kamu pada 11 September 2023

  10. Promo ini tidak berlaku kumulatif

  11. Promo ini tidak dapat digabungkan dengan promo Bibit lainnya

  12. Bibit dan Bank Jago berhak mengubah syarat & ketentuan program ini apabila dianggap perlu dengan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu melalui media milik Jago dan/atau Bibit

  13. Keputusan, ketentuan, maupun perubahan ketentuan yang dibuat oleh Bibit dan Bank Jago tidak dapat diganggu gugat

  14. Dengan mengikuti promo Jago x Bibit cashback ini, pengguna dianggap mengerti dan menyetujui seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku 

  15. Bibit dan Bank Jago berhak membatalkan hadiah cashback jika ada indikasi terjadinya kecurangan atau pelanggaran syarat dan ketentuan dari program ini

  16. Promo ini tidak berlaku bagi karyawan Jago

  17. Jago dan nasabah menyetujui untuk saling melepaskan dan membebaskan pihak lain dari segala klaim, tuntutan, kerugian, biaya yang mungkin timbul sehubungan dengan program ini dalam hal terjadi yang diakibatkan oleh kelalaian masing-masing pihak

  18. Reksa dana merupakan produk pasar modal, dan bukan merupakan produk bank, sehingga tidak termasuk dalam cakupan program penjaminan pemerintah dan tidak dijamin oleh Bank

  19. PT Bank Jago Tbk berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta merupakan peserta program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

  20. PT Bibit Tumbuh Bersama berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

  21. Untuk informasi lebih lanjut mengenai promo ini dapat gunakan fungsi chat support di aplikasi Bibit atau hubungi Instagram: @bibit.id atau hubungi Tanya Jago di 1500746 / +6221 3000 0746  atau email ke tanya@jago.com